Gaya

Ada Daging Terselip di Gigi? Ini Cara Aman Membersihkannya

Mengkonsumsi daging di momen Idul Adha saat ini memberikan suatu kenikmatan. Namun, biasanya di tengah-tengah kenikmatan tersebut, terselip sisa daging di sela-sela gigi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi sisa makanan yang terselip, biasanya orang akan menggunakan sikat gigi. Namun menurut Kussulistyowati Putri, dokter spesialis gigi dari RSUP Persahabatan, kebiasaan memakai tusuk gigi justru bisa menimbulkan masalah.

“Bahaya penggunaan tusuk gigi, dapat menyebabkan gusi berdarah, merusak enamel gigi, menyebabkan bau mulut dan membuat jarak antar gigi,” katanya dikutip dari laman resmi RSUP Persahabatan, Selasa, 20 Juli 2021.

Berikut ini adalah cara mengatasi sisa daging yang terselip di gigi :

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi merupakan suatu solusi yang paling mudah untuk Anda lakukan. Selain dapat membersihkan sisa daging yang menyelip, menyikat gigi juga dapat menjaga kebersihan mulut setalh mengonsumsi makanan.

2. Kumur-Kumur

Kumur-kumur juga dapat dilakukan untuk membershkan daging yang ada pada sela-sela gigi. Berkumur menggunakan air garam bisa menjadi solusi bagi Anda.

3. Flossing

Penggunaan sikat gigi saja tidak cukup karena ada bagian yang tidak dapat dijangkau. Pengunaan benang gigi atau dental flossing diperlukan. “Kombinasi dari good tooth brushing yang dikombinasikan dengan penggunaan dental floss terbukti secara klinis mampu meningkatkan pembersihan sela-sela gigi,” ucap Kussulistyowati.

EIBEN HEIZIER

Ini Kesalahan Umum saat Menyikat Gigi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.