Travel

Ini Penjelasan Ilmiah Nanas Mampu Melembutkan Daging

TEMPO.CO, Jakarta – Perayaan Idul Adha identik dengan menjamurnya masakan berbahan dasar daging. Daging yang diperoleh dari tradisi kurban tersebut biasanya diolah dengan berbagai cara. Cara pengolahan yang bermacam-macam itu pun menghasilkan berbagai jenis olahan daging pula.

Namun, tidak semua orang cocok dengan berbagai olahan daging yang disajikan selama Idul Adha. Beberapa orang kerap mengeluhkan tekstur daging masih masih terlalu keras atau kenyal. Daging yang terlalu keras atau kenyal membuatnya susah untuk dimakan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan buah nanas.

Sebagaimana dilansir dari Tempo, nanas mampu membuat tekstur daging lebih empuk lagi. Untuk cara memasaknya, daging cukup dicampur dengan parutan buah nanas, lalu didiamkan selama 30 menit.

Nanas mengandung enzim bromelain. “Enzim inilah dapat menghasilkan serat pada daging, sehingga membuat tekstur daging menjadi empuk dan lunak daging kambing daging sapi,” ungkap Chef Bahran, Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, seperti dikutip dari Tempo, 21 Juli 2021.

Dilansir dari How Stuff Work, enzim bromelain mampu memisahkan protein. Salah satu protein yang mampu dipisahkan adalah kolagen. Dalam daging, kolagen ini berperan untuk menghubungkan satu komponen tubuh dengan komponen lain. Protein inilah yang membuat daging terasa keras dan kenyal sehingga susah untuk dikunyah.

Umumnya, protein bisa terbentuk karena beberapa asam amino bergabung menjadi satu. Enzim bromelain mampu memisahkan asam amino dari asam amino lain. Hal yang sama juga berlaku untuk kolagen pada daging. Berbagai kolagen baru yang mungkin terbentuk karena asam amino dapat dicegah dengan menempelkan daging dengan nanas yang mengandung bromelain.

Karen itu daging yang dibiarkan bersama nanas selama beberapa jam dapat menjadi lebih lembut. Adapun, mengutip dari Asking Lot, waktu yang pas untuk melembutkan daging dengan nanas adalah 14 jam. Apabila dilakukan lebih dari itu, daging tidak hanya menjadi lembut, tetapi juga menjadi manis seperti nanas.

BANGKIT ADHI WIGUNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.